Polsek Samalantan Amankan Karnaval Baju Adat

By POLRES BENGKAYANG // Jumat, 19 Agustus 2022 // 07:26 WIB // POLRES

Dimulai jam delapan pagi, Pelajar SMA Negeri 1 Samalantan melaksanakan karnaval drum band dan baju adat. Kegiatan ini dilakukan pada hari Kamis (18/8) oleh para pelajar untuk memeriahkan peringatan hari kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia. Rute pawai karnaval bermula dari halaman SMAN 1 Samalantan menuju jalan raya Samalantan kearah simpang rumah panjang. Berputar balik dihalaman Gereja Paroki selanjutnya di depan Mapolsek Samalantan karnaval menuju kearah Pasar Samalantan. Simpang empat Pasar Samalantan karnaval kembali lagi dan finis di halaman SMA.

Polsek Samalantan hadir untuk memberikan rasa aman adanya kegiatan tersebut. Ipda Nusantara Sembiring selaku kapolsek memerintahkan anggotanya untuk kawal dan amankan kegiatan. Ia berujar "Karena kegiatan ini ramai dan melintasi jalan raya, Anggota saya perintahkan untuk berikan pengamanan".

Dilapangan, kegiatan pengamanan tersebut dipimpin oleh Aipda Erikson Simanjuntak. Ia juga selaku kepala sentra pelayanan kepolisian di Polsek Samalantan, anggota melaksanakan tugas pengawalan iring-iringan karnaval tersebut. Ada juga yang menjaga di persimpangan. Erikson Simanjuntak berujar, "Kami lakukan pengawalan dan pengaturan lalu lintas untuk menjaga kelancaran dan mencegah laka lantas".

Karnaval yang dilakukan oleh para pelajar tersebut mengenakan baju adat dari berbagai daerah. Dan ada juga mengenakan seragam berbagai profesi pekerjaan, ada yang mengenakan baju TNI, Polri, Perawat, ASN ada juga mengenakan baju yang menggambarkan profesi sebagai petani.

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 400 orang pelajar dan guru. Saat dihubungi, Amad Tandang selaku koordinator kegiatan dan juga kepala SMAN 1 berujar, "Bertema kirab merah putih dalam rangka HUT RI ke 77, Menggunakan baju adat masing masing daerah melambangkan keberanekaragaman suku-suku di Indonesia dalam bingkai Merah Putih dan NKRI".

Penulis : Humas Polsek Samalantan

Share Post:
KANAL TRIBUN