Polres Melawi Gelar Apel Kesiapan Ops Bina Karuna Kapuas II Tahun 2022, Upaya Cegah dan Penanggulangan Karhutla

By POLRES MELAWI // Jumat, 19 Agustus 2022 // 01:01 WIB // POLRES

POLRES MELAWI, POLDA KALBAR - Dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang mengakibatkan bencana kabut asap di Wilayah Kalimantan Barat tahun 2022.

Polres Melawi Jajaran Polda Kalbar menggelar kegiatan Operasi Kewilayahan "Ops Bina Karuna Kapuas II tahun 2022", operasi ini berlangsung selama 21 hari dimulai pada hari ini Jumat tanggal 19 Agustus 2022 sampai tanggal 8 September 2022 mendatang.

Kegiatan operasi ini dimulai dengan pelaksanaan Apel Kesiapan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K.

Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Bhayangkara Mapolres Melawi ini, selain dihadiri juga oleh Pejabat Utama Polres Melawi, Kapolsek Jajaran, Perwira Polres Melawi, juga dihadiri oleh tamu undangan yaitu Asisten I Setda Kabupaten Melawi, Kepala BPBD Kabupaten Melawi, Danramil Nanga Pinoh, Kepala BMKG Nanga Pinoh, Danru Daops Manggala Agni KAL XI/Sintang - Ponja Melawi, Perwakilan DAD Kabupaten Melawi, Ketua PBK Nanga Pinoh dan Tokoh masyarakat Kabupaten Melawi.

Dalam Apel ini, Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto membacakan Amanat Kapolda Kalbar.

Kapolres AKBP Sigit menyampaikan Kalimantan Barat merupakan salah satu Provinsi yang rawan terjadinya Karhutla. "Faktor pemicu karhutla adalah membuka lahan dengan cara dibakar, kemudian api tidak diawasi sehingga menjadi tidak terkendali dan membakar lahan lainnya," jelasnya.

Kapolres AKBP Sigit juga mengatakan karhutla ini merupakan tanggungjawab bersama, baik Pemerintah, TNI-Polri, swasta dan masyarakat dalam mengantisipasi serta menanggulangi karhutla di Provinsi Kalimantan Barat pada tahun 2022 ini.

"Karena dampak dari karhutla ini sangat merugikan bagi seluruh umat manusia, begitu juga dengan ekosistem lingkungan hidup lainnya, maka akan rusak. Menghambat pertumbuhan ekonomi, menimbulkan isu internasional akibat asap yang sampai ke Negara lain dan yang paling memperihatinkan yaitu menimbulkan kerusakan lingkungan," terangnya.

Kapolres Melawi AKBP Sigit menerangkan dalam operasi ini mengedepankan upaya pencegahan terhadap kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan bencana kabut asap.

Kapolres juga menjelaskan kegiatan Apel Kesiapan ini dilaksanakan guna mengecek kesiapan seluruh personel, sarana dan prasarana serta sebagai upaya dalam memaksimalkan pencegahan dan penindakan terhadap pelaku kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Melawi.

"Dengan dilakukannya Apel Kesiapan ini, diharapkan seluruh elemen masyarakat dan Pemerintah serta seluruh instansi terkait lainnya di Kabupaten Melawi ini dapat menyatukan tekad dan saling bahu membahu dalam mengendalikan dan meminimalisir karhutla di Kabupaten Melawi ini," tuntasnya.

Adapun susunan pleton Apel Kesiapan ini, yaitu 1 pleton Perwira Polres Melawi, 1 pleton TNI, 1 pleton Staf Polres Melawi, 1 pleton gabungan Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa, 1 pleton Satlantas Polres Melawi, 1 pleton gabungan Sat Intel, Reskrim dan Narkoba, 1 pleton Sat Pol PP Kabupaten Melawi, 1 pleton BPBD Kabupaten Melawi dan 1 pleton Manggala Agni Ponja Melawi.

Penulis : Oktavianus

Share Post:
KANAL TRIBUN